Friday 8 September 2017

Tanaman Obat Daun Saga

 
Daun Saga
 
    Tanaman Saga adalah tanaman obat yang banyak di tanam dan bisa di andalkan oleh banyak keluarga untuk di jadikan obat yang sangat manjur untuk mengobai batuk salah satunya, Dan masih banyak lagi penyakit yang bisa di obati dengan daun saga. Tanaman obat daun saga juga banyak tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun atau di pinggiran jalan. Ada dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga, tapi kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama Saga saja.
 
    Tanaman obat Daun Saga termasuk tanaman gulma, dan biasanya menganggu tanaman lain yang memang sengaja ditanam. Karena dianggap mengganggu, tanaman Saga sering dibabat habis bahkan dibakar sekalian.
Meskipun begitu, tanaman obat daun saga rambat biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk dan obat anti sariawan. Daun saga mengandung beberapa bahan aktif seperti glycyrrhizin, abrus lactone, asam abrusgenat dan turunan metilnya.
Untuk mengobati sariawan dengan tanaman obat daun saga rambat, kamu bisa memetik daun saga secukupnya lalu di jemur di tempat yang agak panas beberapa menit sampai layu daunnya.
 
    Daun saga dikenali dengan ciri-ciri daunnya yang kecil bulat dan tumbuh banyak di tangkai tanamannya. Ciri khas lainnya dari tanaman ini yaitu bijinya yang berwarna merah dan berukuran kecil. Warna merah inilah yang menjadi perhatian tersendiri dari jenis tanaman perdu ini. Bagian saga yang sudah populer sebagai tanaman obat herbal yaitu bagian daunnya.

    Daun saga jika dikonsumsi rasanya tidak pahit, namun manis. Walaupun daunnya kecil, namun manfaatnya untuk kesehatan Anda tidak bisa diremehkan. Daun saga mengandung nutrisi seperti flisirizinat, pentosan, vitamin B1, glisirizin, vitamin C, piridoxsin, vitamin A, kalsium oksalat, dan juga protein. Semua gabungan nutrisi tersebut ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. tubuh anda pun akan semakin sehat jika menggunakan tanaman obat daun saga ini sebagai ramuan herbal.
 
    Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun saga, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan Tanaman obat daun saga ini untuk kesehatan anda. Berikut ini informasinya.
 
1. Mengatasi penyakit bronchitis

Khasiat Tanaman obat daun saga yang pertama yaitu sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit bronchitis. Anda bisa menggunakan daun ini untuk membantu tubuh agar kuat dalam melawan penyakit pernapasan ini.
 
2. Obat amandel

Khasiat tanaman obat daun daun saga yang tak kalah pentingnya yaitu untuk mengobati amandel. Penyakit ini biasanya membuat amandel Anda meradang dan juga bengkak, sehingga mengganggu saluran tenggorokan. Untuk mengatasinya, mencoba manfaat daun ini tidak ada salahnya.
 

No comments:

Post a Comment

Tanaman Obat Daun Saga

  Daun Saga       Tanaman Saga adalah tanaman obat yang banyak di tanam dan bisa di andalkan oleh banyak keluarga untuk di jadikan ...